Tata Cara Shalat Rasulullah SAW 10 Selesai

SALAWAT ATAS NABI
Rosulullooh s.a.w. mengucapkan salawat atas dirinya sendiri di dalam tasyahhud pertama dan lainnya. (Abu 'Uwanah dan Nasa'i di dalam shahih Abu 'Uwanah). Dari Abi Mas'ud, ia berkata: telah berkata: Basyir bin sa'd: Ya Rosulullooh! Allah perintahkan kami bersholawat atas paduka tuan, maka bagaimanakah (cara)[dalam riwayat lain: maka bagaimanakah (cara kami
bersholawat atas paduka tuan, apabila kami akan bersholawat atas paduka tuan di dalam SHOLAT kami] kami bersholawat atas paduka tuan? Maka beliau s.a.w. diam kemudian ia bersabda: ucapkanlah: Alloohumma sholli 'alaa muhammad wa 'alaa aali muhammad. Kamaa shollaita 'alaa ib-roohim, wabaarik 'alaa muhammad wa'alaa aali muhammad, kamaa-baarokta 'alaa ib-roohim,
fil'aalamiina innaka hamiidum-majiid. Kemudian salam sebagaimana kamu telah tahu. =Ya Allooh. Berilah Rohmat atas Muhammad dan atas keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah beri rahmat atas keluarga Ibrohim, dan berilah kurnia atas Muhammad dan atas keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah beri kurnia atas Ibrohim di (lidah-lidah ) makhluk yang
berakal, karena sesungguhnya Engkau Yang Maha Terpuji, Maha Mulia. Kemudian salam
sebagaimana kamu telah tahu. (Muslim). Tambahan di atas[..] (Ibnu Khuzaimah--->sahih)
Dari Fadholah bin 'Ubaid. Ia berkata: Rosulullooh s.a.w. mendengar seorang mendo'a didalam sholatnya (tasyahhud), orang itu tidak memuji Allah dan tidak bersholawat atas Nabi s.a.w. maka beliau s.a.w. bersabda: Orang ini terburu-buru. Kemudian ia memanggil orang tersebut, lalu bersabda: Apabila seseorang daripada kamu bersholat (tasyahhud), hendaklah ia
memulai dengan memuji Allah dan menyanjungNya, kemudian ia bersholawat atas Nabi s.a.w., kemudian ia berdo'a dengan apa yang ia sukai. (Ahmad, Tirmidzi, Nasa'i dan Ibnu Majah --->sahih).
Pada kali lain beliau s.a.w. mendengar seorang laki-laki yang membaca sholawat. Kemudian laki-laki itu memuliakan Allah dan memujiNYA serta membaca sholawat atas Nabi s.a.w. Maka Rosulullooh s.a.w. bersabda: "Berdo'alah, niscaya kamu dijabah (dikabulka n) dan mintalah, niscaya kamu diberi. (Nasa'i --->sahih).
Dari hadiest-hadiest ini jelaslah bagi saya, bahwa bersholawat atas Nabi s.a.w. ada pada kedua tasyahhud, baik tasyahhud pertama maupun kedua.
MACAM-MACAM SHOLAWAT ATAS NABI S.A.W.
1. Alloohumma sholli 'alaa muhammad wa 'alaa aali bai-tihii, wa 'alaa az-waajihii wa-dzurriy-yatihii, Kamaa shollaita 'alaa aali ib-roohiim, innaka hamiidum-majiid. Wabaarik 'alaa muhammad wa 'alaa aali bai-tihii, wa 'alaa az-waajihii wa-dzurriy-yatihii, kamaa-baarokta 'alaa aali ib-roohiim, innaka hamiidum-majiid. =Ya Allah berilah kebahagiaan kepada
Nabi Muhammad, kepada ahli baitnya, kepada istri-istrinya dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah memberikan kebahagiaan kepada keluarga Ibrohim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Dan berikanlah ber kah kepada Muhammad, kepada ahli baitnya, kepada
istri-istrinya dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah memberikan berkah kepada keluarga Ibrohim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Doa ini beliau s.a.w. ucapkan atas dirinya sendiri. (Ahmad dan Ath-Thohawi --->sahih).
2. Alloohumma sholli 'alaa muhammad wa 'alaa aali muhammad. Kamaa shollaita 'alaa ib-roohiim wa 'alaa aali ib-roohiim, innaka hamiidum-majiid. Alloohumma baarik 'alaa muhammad wa 'alaa aali muhammad, kamaa-baarokta 'alaa ib-roohiim wa 'alaa aali ib-roohi im, innaka hamiidum-majiid. =Ya Allah berilah kebahagiaan dan kepada Muhammad dan kepada Keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberikan kebahagiaan kepada Ibrohim dan kepada keluarga Ibrohim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah berilah berkah kepada M uhammad dan kepada Keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberikan berkah kepada Ibrohim dan kepada keluarga Ibrohim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. (Bukhori, Ath-Thohawi , Baihaqi dan Ahmad;Nasa'i; Bukhori, Muslim dan Al-Humai di dan Ibnu Mandah).
3. Alloohumma sholli 'alaa muhammad wa 'alaa aali muhammad. Kamaa shollaita 'alaa aali ib-roohiim wa aali ib-roohiim, innaka hamiidum-majiid. Wabaarik 'alaa muhammad wa 'alaa aali muhammad, kamaa-baarokta 'alaa aali ib-roohim wa aali ib-roohiim, innaka ha miidum-majiid. =Ya Allah berilah kebahagiaan dan kepada Muhammad dan kepada Keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberikan kebahagiaan kepada Ibrohim dan kepada keluarga Ibrohim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Dan berikanlah berkah kepada Muh ammad dan kepada Keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberikan berkah kepada Ibrohim dan kepada keluarga Ibrohim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. (Ahmad, Nasa'i dan Abu Ya'la --->sahih).
4. Alloohumma sholli 'alaa muhammadin-nabiyyil-ummiyyi wa 'alaa aali muhammad. Kamaa shollaita 'alaa aali muhammad, kamaa shollaita 'alaa aali ib-roohiim. Wa baarik 'alaa muhammadin-nabiyyil-ummiyyi wa 'alaa aali muhammad, kamaa-baarokta 'alaa aali ib-roo hiima fil'aalamiina innaka hamiidum-majiid. =Ya Allah berilah kebahagiaan dan kepada Muhammad Nabi
yang ummiy dan kepada Keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberikan kebahagiaan kepada Ibrohim dan kepada keluarga Ibrohim. Dan berikanlah berkah kepada Muhammad Nabi yang ummiy dan kepada Ke luarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberikan berkah kepada Ibrohim dan kepada keluarga Ibrohim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. (Muslim, Abu 'Uwanah dan Ibnu Syaibah; Abu Dawud).
5. Alloohumma sholli 'alaa muhammadin 'ab-dika warosuulik, Kamaa shollaita 'alaa aali ib-roohiim, wa baarik 'alaa muhammadin 'ab-dika warosuulika wa 'alaa aali muhammad, kamaa-baarokta 'alaa ib-roohiima wa 'alaa aali ib-roohiim. =Ya Allah berilah kebahagiaan dan kepada Muhammad hambaMU dan RosulMU, sebagaimana Engkau telah memberikan kebahagiaan kepada keluarga Ibrohim. Dan berikanlah berkah kepada Muhammad hambaMU dan RosulMU dan kepada Keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau tela h memberikan berkah kepada Ibrohim dan kepada keluarga Ibrohim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. ((Bukhori, Nasa'i, Ath-Thohawi, Ahmad dan Isma'il Al-Qodli).
6. Alloohumma sholli 'alaa muhammad wa 'alaa az-waajihii wa-dzurriy-yatihii. Kamaa shollaita 'alaa aali ib-roohiim. Wabaarik
'alaa muhammadiw- wa 'alaa az-waajihii wa-dzurriy-yatihii. Kamaa-baarokta 'alaa aali ib-roohiim, innaka hamiidum-majiid. =Ya Allah berikanlah kebahagiaan kepada Muhammad dan kepada istri-istrinya serta keturunannya, sebagaimana
Engkau telah memberikan kebahagiaan kepada keluarga Ibrohim. Dan berikanlah berkah kepada Muhammad dan kepada istri-istrinya serta keturunannya, seb agaimana Engkau telah memberikan berkah kepada keluarga Ibrohim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. (Bukhori dan Muslim).
7. Alloohumma sholli 'alaa muhammad wa 'alaa aali muhammad, Wabaarik 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad. Kamaa shollaita Wabaarokta 'alaa ib-roohiima wa aali ib-roohiim, innaka hamiidum-majiid. =Ya Allah berilah kebahagiaan dan kepada Muhammad dan kepada Keluarga Muhammad, dan berikanlah berkah kepada Muhammad dan kepada Keluarga Muhammad,
sebagaimana Engkau telah memberikan kebahagiaan dan berkah kepada Ibrohim dan kepada keluarga Ibrohim. Sesu ngguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. (Ath-Thohawi dan Abu Sa'id bin Al-A'rabi --->sahih).
BANGKIT PADA RAKA'AT KETIGA
Kemudian Rosulullooh s.a.w. bangkit pada raka'at ketiga sambil bertakbir (Bukhori dan Muslim) [lalu berdiri. (Abu Ya'la)]
Rosulullooh s.a.w. mengangkat kedua tangannya. (Bukhori dan Muslim). Yang lainnya sama dengan penjelasan pada raka'at pertama dengan perbedaan-perbedaan yang dijelaskan pada awal serial tulisan ini.
BANGKIT PADA RAKA'AT KEEMPAT
Apabila beliau s.a.w. hendak berdiri pada raka'at ke-empat, maka beliau mengucapkan "Alloohu Akbar". (Bukhori dan Abu Dawud). Rosulullooh s.a.w. mengangkat kedua tangannya. (Abu 'Uwanah dan Nasa'i --->sahih).
Duduk istirahat tetap ada sebagaimana dalam serial no.18. yaitu: Beliau s.a.w. duduk lurus di atas kaki kirinya sambil beri'tidal, sehingga setiap tulang kembali ke tempatnya. Kemudian beliau berdiri sambil bersandar(bertelekan) kepada tanah dengan kedua tangannya. (Bukhori dan Abu Dawud). Selanjutnya sama dengan raka'at lainnya.
Kemudian, setelah beliau s.a.w. menyempurnakan raka'at keempat, maka beliau duduk untuk melakukan TASYAHHUD AKHIR.
Bacaannya serupa dengan penjelasan pada tasyahhud pertama kecuali cara duduk.
Didalam tasyahhud akhir ini beliau s.a.w. duduk dengan tawarruk. (Bukhori), yakni: Beliau s.a.w. melapangkan pangkal pahanya yang sebelah kiri ketanah dan mengeluarkan kedua kakinya ke satu arah. (Abu Dawud dan Baihaqi --->sahih), yakni:
Beliau s.a.w. meletakkan kaki kirinya di bawah paha dan betisnya (yang kanan). (Muslim dan Abu 'Uwanah), sambil: Beliaus.a.w. menegakkan kaki kanannya. (Bukhori), dan kadangkala:
Beliau s.a.w.membentangkannya. (Muslim dan Abu 'Uwanah), sambil: Beliau s.a.w.menekankan telapak tangannya yang sebelah kiri kepada lututnya sambil menekannya. (Muslim dan Abu 'Uwanah). Hal-hal lainnya serupa dengan kedudukan tasyahhud pertama.
MEMOHON PERLINDUNGAN DARI EMPAT PERKARA SEBELUM BERDO'A
Rosulullooh s.a.w. bersabda: Apabila salah seorang di antara kamu selesai dari (membaca) tasyahhud akhir, maka hendaklah ia memohon perlindungan kepada Allah dari empat perkara, yaitu: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMU dari siksaan jahannam, dari siksaan kubur, dan dari cobaan hidup serta cobaan mati, dan dari kejahatan cobaan Al-Masih yang menjadi Dajjal.
Kemudian ia berdo'a untuk dirinya sekehendaknya. (Muslim, Abu 'Uwanah, Nasa'i dan Ibnul-Jarud).
MEMOHON PERLINDUNGAN DARI EMPAT PERKARA SEBELUM BERDO'A
Rosulullooh s.a.w. bersabda: Apabila salah seorang di antara kamu selesai dari (membaca) tasyahhud akhir, maka hendaklah ia memohon perlindungan kepada Allah dari empat perkara, yaitu : Alloohumma innii a'uu-dzubika min 'a-dzaabi jahannam, wamin 'a-dzaabil-qobri, waming-fitnatil- mahyaa wal-mamaati ming-syarri fitnatil-masiihid-dajjaal.
=Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMU dari siksaan jahannam, dari siksaan kubur, dan dari cobaan hidup serta cobaan mati, dan dari kejahatan cobaan Al-Masih yag menjadi Dajjal. Kemudian ia berdo'a untuk dirinya sekehendaknya. (Muslim, Abu 'Uwan ah, Nasa'i dan Ibnul-Jarud).
Rosulullooh s.a.w. berdo'a dengan do'a tersebut di dalam tasyahhudnya(Abu Dawud dan Ahmad --->sahih).
Beliau s.a.w. mengajarkan (do'a itu) kepada para sahabat ra. sebagaimana beliau mengajarkan surat dari Al-Qur'an kepada mereka. (Muslim dan Abu 'Uwanah).
MACAM-MACAM DO'A SEBELUM SALAM
Beliau s.a.w. memerintahkan kepada orang yang SHOLAT untuk memilih do'a-do'a itu sekehendaknya. (Bukhori dan Muslim).
*perlu diingat bahwa tempat yang utama untuk berdo'a di dalam sholat adalah sujud dan tasyahhud, sebagaimana penjelasan terdahulu.
Macam-macam do'a sebelum salam:
1. Alloohumma innii a'uu-dzubika min 'a-dzaabil-qobri, wa a'uu-dzubika ming- fitnatil-masiihid-dajjaal, wa a'uu-dzubika ming- fitnatil-mahyaa wal-mamaat, Alloohumma innii a'uu-dzubika minal-ma'tsami wal-magh-rom. =Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMU dari siksa kubur, dan aku berlindung kepadaMU dari kejahatan cobaan Al-Masih yang menjadi Dajjal,
aku berlindung kepadaMU dari cobaan hidup dan mati. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMU dari dosa dan hutang. (Bukhori dan Muslim).
2. Alloohumma innii a'uu-dzubika ming-syarrimaa 'amiltu wa ming-syarri maalam a'mal [ba'd(u)]. =Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMU dari kejahatan apa yang
telah aku perbuat dan dari kejahatan apa yang belum aku perbuat [kemudian]. (Nasa'i --->sahih).
3. Alloohumma haasibnii hisaabay-yasiiroo. =Ya Allah perhitungkan (semua amalanku) dengan perhitungan yang mudah. (Ahmad dan Hakim --->sahih).
4. Alloohumma bi'ilmikal-ghoibi wa qud-ratika 'alal-kholq, ah-yinii maa 'ilmatil-hayaatu khoirollii, watawaf-fanii i-dzaa kaanatil-wafaatu khoirollii. Alloohumma wa as-aluka khosy-yataka fil-ghoibi wasy-syahaadah, wa as-aluka kalimatal-haqq, [: 'l-hukmi] wal'ad-li fil-gho-dhobi war-ridho wa as-alukal-qash-da fil-faq-ri wal-ghinaa, wa as-aluka na'iiman laa
yubiid, wa as-aluka qurrota'ainin laa tang-fud, walaa tang-qo-thi' wa as-alukar-ridhoo ba'dal-qo-dhoo-i wa as-aluka bardal'aisyi ba'dal-maut, wa as-aluk a ladz-dzatan-nazh-ri ilaa waj-hik, wa as-alukasy- syawqo ilaa liqoo-ika fiighoiri dhorroo-im-mu-dhirroh, walaa fit-natim-mudh-dhillah. Alloohumma zay-yinnaa biziinatil-iimaani waj'alnaa hudaatam-muhtadiin..
=Ya Allah, dengan pengetahuanMU tentang alam ghoib dan kekuasaanMU atas makhluk-makhluk, hidupkanlah aku jika Engkau mengetahui bahwa kehidupan itu baik bagiku dan matikanlah aku jika kematian itu baik bagiku. Ya Allah, dan aku memohon kepadaMU untuk tak ut kepadaMU di alam ghoib dan alam nyata, dan aku memohon kepadaMU kebenaran [dalam riwayat lain:
keputusan] dan keadilan di dalam marah serta keridho-an, dan aku memohon kepadaMU kesederhanaan di dalam kefakiran dan kekayaan, dan aku memohon kepadaMU ni' mat yang tidak punah, dan aku memohon kepadaMU kesenangan yang tidak habis dan tidak terputus, dan aku memohon kepadaMU untuk ridho menerima ketentuan, dan aku memohon kepadaMU untuk dihidupkan kembali setelah mati, dan aku memohon kepadaMU ni'matnya mema ndang wajahMU dan aku memohon kepadaMU agar aku merasa untuk rindu bertemu denganMU, bukan di dalam kesengsaraan yang membahayakan dan bukan pula pada waktu menghadapi kejahatan yang menyesatkan. Ya Allah hiasilah kami dengan hiasan keimanan dan jadikanl ah kami orang-orang yang memberikan petunjuk dan mendapatkan petunjuk. (Nasa'i dan Hakim --->sahih).
5. Rosulullooh s.a.w. mengajar Abu Bakar Ash-Shiddiq untuk mengucapkan: Alloohumma innii zholamtu nafsii zhulmang-ka-tsiiroo, walaa yagh-firuudz-dzunuuba illaa ant-ta fagh-firlii magh-firootam-min'ing-dika warhamnii, innaka ang-tal-ghofuurur-rohiim. = Ya Allah, sesungguhnya aku telah banyak menganiaya diriku sendiri. Dan tidak ada yang mengampuni dosa-dosa, selain daripada Engkau, maka berilah aku ampunan dari hadhiratMU dan kasihanilah aku, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Pengasih. (Buk hori dan Muslim).
6. Beliau s.a.w. memerintahkan kepada Aisyah ra. untuk mengucapkan: Alloohumma innii as-aluka minal-khoiri kullihii 'aajilihi waaa-jilihi maa'alimtu minhu wamaa lam'alam, wa a'uu-dzubika minasy-syarri kullihi 'aajilihi waaa-jilihi maa'alimtu minhu wamaa lam'alam, wa as-alukal- [Alloohumma innii as-alukal-] jannata wamaa qorroba ilaihaa ming-qowlin au'amal, wa a'uu-dzubika minan-naari wamaa qorrobaa ilaihaa ming-qowlin au'amal, , wa as-aluka [: Alloohumma innii as-aluka] minal-khoiri maa sa-alaka 'ab-duka warosuuluka muhammad, wa a'uu-dzubika ming-syarri mas-ta'aadzaka minhu 'ab-duka warosuuluka muhammad, shollolloohu 'alaihi wasallam, wa as-aluka maa qodhoitalii min amri-ang-taj-'ala 'aaqibatahulii rusy-daa.
=Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMU kebaikan seluruhnya di dunia dan di akhirat, baik yang telah aku ketahui maupun yang belum aku ketahui. Dan aku berlindung kepadaMU dari kejahatan seluruhnya di dunia dan di akhirat, baik yang telah aku ketahu i maupun yang belum aku ketahui. Dan aku memohon kepadaMU [dalam riwayat lain: Ya Allah, sesungguhnya aku
memohon kepadaMU] surga, dan apa-apa yang mendekatkan aku kepadanya, berupa perkataan dan perbuatan. Dan aku berlindung kepadaMU dari neraka dan ap a-apa yang mendekatkan aku kepadanya, berupa perkataan dan perbuatan. Dan aku memohon kepadaMU [dalam riwayat lain: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMU] dari kebaikan yang dimohonkan kepadaMU oleh hambaMU dan RosulMU Muhammad. Dan aku berlindung kepdaMU dari kejahatan yang dimohonkan perlindungannya dariMU oleh hambaMU dan RosulMU Muhammad s.a.w.. Dan aku memohon kepadaMU agar Engkau menjadikan akibat suatu perkara yang telah Engkau putuskan bagiku itu baik bagiku.
7. Diriwayatkan bahwa: Beliau s.a.w. berkata kepada seorang laki-laki: Apa yang engkau ucapkan di dalam sholat?. Laki-laki itu menjawab: Aku mengucapkan syahadat, kemudian aku memohon surga kepada Allah dan berlindung
kepadaNYA dari neraka. Demi Allah, alangkah baiknya apa yang engkau bisikkan itu dan bukannya yang dibisikkan oleh Mu'adz. Rosulullooh s.a.w. bersabda, Kami membisikkan di antara bisikan-bisikan itu. (Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ibnu Khuzaimah --->sahih).
8. Diriwiyatkan bahwa beliau s.a..w. mendengar bahwa seorang laki-laki mengucapkan di dalam tasyahhudnya : Alloohumma innii as-aluka yaa-Alloohu [:yallooh], al-waahidul-ahadush-shomadul-ladzii lamyalid walam yuulad walam yakullahu kufuwan ahad, ang-tagh-firolii dzunuubii innaka ang-tal-ghofuurur-rohiim. =Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMU ya Allah, [dalam riwayat lain : dengan Allah] Yang Maha Esa, Yang Maha Esa Tuhan Yang bergantung kepadaNya segala sesuatu, Yang tiada beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tiada seoran[un yang setara dengan DIA, agar Engkau mengampuni dosa-dosaku. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Maka Rosulullooh s.a.w. bersabda: Ia telah diampuni, Ia telah diampuni. (Abu Dawud, Nasa'i, Ahmad dan Ibnu Khuzaimah --->sahih).
9. Diriwayatkan bahwa beliau s.a.w. mendengar orang lain lagi mengucapkannya di dalam tasyahhudnya: Alloohumma innii as-aluka bi-annaka lakal-hamdu laa ilaaha illaa ang-ta, wah-daka laa syariikalakal-mannaan. Yaa badii'as-samaawaati wal-ardh, Yaa dzal-jalaali wal-akroom, Yaa hayyu Yaa qoyyuumu innii as-alukal-jannata wa-a-'uudzu-bika minan-narr. = Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMUbahwa sesungguhnya Engkau memiliki segala puji. Tidak ilah selain Engkau semata-mata, tidak ada sekutu bagiMU, Pemberi Karunia. Wahai Pencipta langit dan bumi, wahai Dzat Yang memiliki keagungan dan kemuliaan , wahai Yang Hidup dan Yang Berdiri sendiri, sesungguhnya aku memohon kepadaMU surga dan aku berlindung kepadaMU dari neraka. Maka Rosulullooh Muhammad s.a.w. bersabda kepada sahabat-sahabatnya: TAHUKAN KALIAN, DENGAN APA IA MEMOHON ? Mereka (para sahabat) menjawab :ALLOOHU WAROSUULUHU A'LAM (Allah dan RosulNya yang lebih tahu). Nabi s.a.w. bersabda: Demi Dzat yan jiwaku berada dalam kekuasaanNYA, sesungguhnya dia (orang ini) telah memohon kepada Allah
dengan namanNYA Yang Maha Agung (bismihil'azhiim) [dalam riwayat lain: yang paling Agung] yang apabila DIA dipanggil dengannya, maka DIA mengijabah, da n apabila DIA dimohon dengannya, maka DIA memberi. (Abu Dawud, Nasa'i, Ahmad dan Bukhori; Thobroni dan Ibnu Mandah --->sahih).
* Hanya milik Allah ASMA-UL HUSNA, maka bermohonlah kepada-Nya dengan MENYEBUT ASMA-UL HUSNA itu dan TINGGALKANLAH ORANG-ORANG YANG MENYIMPANG dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (QS. 7:180)
*Rosulullooh s.a.w. ditanya: Pada waktu apa do'a (manusia) lebih didengar (oleh Allah)? Rosulullooh s.a.w. menjawab: Pada tengah malam dan PADA AKHIR TIAP SHOLAT FARDHU (sebelum salam). (Mashobih As-Sunnah).
10. Di antara kata-kata terakhir yang diucapkan oleh Rosulullooh Muhammad s.a.w. di antara tasyahhud dan salam adalah : Alloohummagh-firlii maa qoddamtu wamaa akh-khortu wamaa asrortu wamaa a'lang-tu wamaa as-roftu wamaa ang-ta a'lamu bihii minnii, Ang-tal- muqoddimu wa ang-tal-mu-akh-khiru laa ilaaha illaa ang-ta. = Ya Allah, ampunilah aku dari apa-apa yang telah aku lakukan dan apa-apa yang belum aku lakukan, dari apa-apa yang aku sembunyikan dan apa-apa yang aku nyatakan serta apa-apa yang aku lebih-lebihkan, dan dari apa-apa yang Engkau lebih mengetahui tentangn ya daripada aku. Engkaulah Yang Mendahului dan Engkaulah Yang Mengakhiri, tidak ada ilah selain Engkau (Muslim dan Abu 'Uwanah).

SALAM
Diriwiyatkan bahwa : Rosulullooh s.a.w. mengucapkan salam ke sebelah kanannya, ASSALAAMU 'ALAIKUM WAROHMATULLOOHI [WABAROKAATUH] = mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepada kamu sekalian serta rahmat Allah (dalam riwayat lain: kadangkala ditambahkan: dan berkatNYA)
sehingga tampaklah putih pipinya sebelah kanan. Dan kesebelah kiri beliau s.a.w. mengucapkan: ASSALAAMU 'ALAIKUM WAROHMATULLOOH = mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepada kamu sekalian serta rahmat Allah. sehingga tampaklah putih pipinya sebelah kiri. (Abu Dawud, Nasa'i dan Tirmidzi --->sahih). (Tambahan tersebut diriwayatkan (Abu Dawud
dan Ibnu Khuzaimah --->sahih).
Diriwayatkan bahwa: Apabila beliau s.a.w. berpaling kesebelah kanan mengucapkan: ASSALAAMU 'ALAIKUM WAROHMATULLOOH = mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepada kamu sekalian serta
rahmat Allah. maka kadang-kadang beliau s.a.w. memperpendek ucapannya ketika berpaling ke sebelah kiri: ASSALAAMU 'ALAIKUM = mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepada kamu sekalian. (Nasa'i, Ahamd dan As-Siraj --->sahih).
Dan kadangkala, beliau mengucapkan salam satu kali salam, yaitu: ASSALAAMU 'ALAIKUM = mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepada kamu sekalian dengan mengarahkan wajahnya miring kesebelah kanan sedikit. (Ibnu Khuzaimah, Baihaqi dan Adh-Dhiya'; Al-Ghoni
Al-Maqdisi; Ahmad, Thobroni dan Baihaqi---.sahih). Mereka (para sahabat) memberikan isyarat dengan tangan-tangan mereka apabila mereka mengucapkan salam ke sebelah kanan dan kiri. Kemudian Rosulullooh s.a.w. melihat mereka, maka beliau s.a.w. bersabda: Mengapa kamu sekalian memberikan isyarat dengan tangan-tangan kamu, seakan-akan tangan-tangan kamu itu buntut-buntut kuda yang tidak pernah diam?! Apabila salah seorang di antara kamu mengucapkan salam, maka hendaklah ia berpaling kepada kawannya dan jang anlah memberikan isyarat
dengan tangannya. (Sehingga) Tatkala mereka sholat bersama beliau lagi, mereka tidak melakukan hal itu lagi. (Dalam riwayat lain dikatakan: Sesungguhnya cukup bagi salah seorang di antara kamu untuk meletakkan tangannya di atas pa hanya, kemudian memberi salam kepada saudaranya yang berada di sebelah kanannya dan disebelah kirinya. (Muslim, Abu 'Uwanah,
As-Siraj, Ibnu Khuzaimah dan Ath-Thobroni).
Walloohu a'lamu bish-showaab.
PENUTUP
Rosulullooh s.a.w. bersabda: SHOLATLAH!!!!SEBAGAIMANA KAMU SEKALIAN MELIHAT AKU SHOLAT (Bukhori). Didalam sholat, WANITA melakukan seperti yang dilakukan LAKI-LAKI (Ibnu Abi Syaibah - sahih). Adapun hadiest yang menerangkan bahwa: wanita menghimpitkan tangannya pada waktu sujud, yakni tidak seperti apa yang dilakukan laki-laki, adalah hadiest MURSAL (sanadnya tidak melalui sahabat langsung kepada nabi). Sehingga dikatakan Al-Albani: tidak benar. Dan pendapat ini sesuai dengan yan g diriwayatkan oleh Abu Dawud di dalam Al-Marasil dari Yazid bin Abi Habib.