Tata Cara Shalat Rasulullah SAW 2

MENGHADAP KA'BAH
Rasulullooh Muhammad s.a.w. (pbuh) bersabda: Apabila Rasulullooh s.a.w. (pbuh) bangkit hendak melakukan sholat baik fardhu (wajib) maupun sunat, maka beliau menghadap ka'bah. (mutawatir = diriwayatkan oleh banyak orang). Apabila kamu bangkit hendak menunaikan sholat, maka sempurnakanlah wudhu', kemudian menghadaplah ke arah kiblat an bertakbirlah. (HR. Bukhori- Muslim).
d
Persyaratan menghadap KA'BAH memiliki beberapa pengecualian-pengecualian.
1. Bila hendak melakukan sholat sunnah dalam keadaan berkendaraan, maka dapat dilakukan dengan: Kadangkala, apabila beliau (s.a.w.) hendak menunaikan sholat sunat di atas untanya, maka beliau menghadap ke arah kiblat dengan untanya itu lalu bertakbir. Kemudian, sholatlah beliau ke arah mana saja kendaraannya itu menghadapkan beliau. (Abu Dawud dan Ibnu Hiban).
Rasulullooh s.a.w. pernah melakukan sholat sunat di dalam perjalanan di atas kendaraannya, dan beliau melaksanakan juga sholat witir di atasnya, kearah mana saja kendaraan itu
menghadap - baik kearah timur maupun kearah barat.(HR. Bukhori, Muslim dan As-Siraj).
2. Dalam hal melakukan sholat wajib, maka: Apabila beliau hendak melakukan sholat fardhu (wajib), maka beliau turun (dari kendaraannya) lalu menghadap kearah kiblat. (HR. Bukhori dan Ahmad). Tentang turun dari kendaraan untuk sholat wajib ini, tentunya dengan keadaan kita sekarang bilamana kendaraan dikendarai sendiri tidaklah menjadi persoalan untuk berhenti, turun dan menunaikan sholat wajib.
Bagaimana dengan keadaan dalam kendaraan-umum?
a. Dalam keadaan ini maka disarankan agar sholatnya digabungkan sambil disingkat (yaitu yang empat rak'at menjadi 2 rak'at) dengan sholat berikutnya, yaitu Dzohor - Ashar; dan Maghrib - Isya.(Insya Allah dibahas dalam bab sholat Jama' dan qasar).
b. Lalu bagaimana kalau untuk menggabungkanpun memang tidak dapat turun dari kendaraan ? Dalam keadaan darurat seperti ini maka disarankan untuk sholat sambil duduk (kalau memang kesulitan untuk berdiri). (Lihat Bab sholat dalam keadaan duduk/berbaring).
Kemudian mengenai ayat 2:115 dan 2:143 dibandingkan dengan ayat 2: 144 :
Dan kepunyaan Allah-lah Timur dan Barat, maka ke manapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. 2:115).
Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (ummat Islam), ummat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. Dan Kami tidak menjadikan kiblat yang menjadi kiblatmu (sekarang) melainkan agar Kami mengetahui (supaya nyata) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang membelot. Dan sungguh (pemindahan kiblat) itu terasa amat berat, kecuali bagi beberapa orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah, dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia. (QS. 2:143)
Mengenai ayat ini , Ibnu Abbas berkata : yang dimansukhkan dalam soal kiblat, yaitu ketika Nabi s.a.w. berhijrah ke Medinah, sedang penduduknya banyak juga orang Yahudi. Allah menyuruhnya (sholat) menghadap Baitul Maqdis (Palestina), maka gembiralah orang Yahudi. Rasulullooh telah menghadap ke arah ini selama kurang lebih 16 - 17 bulan. Maka Nabi s.a.w. sering melihat-lihat kearah langit maka turunlah ayat 2: 144. Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al-Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Rabb-nya; dan Allah sekali-kali tidak lengah terhadap apa yang mereka
kerjakan. (QS. 2:144). Dalam keadaan susah menetapkan arah kiblat (karena keadaan
tertentu) maka Ibnu Jarir berkata, sesuai dengan contoh yang dilakukan oleh Rasulullooh s.a.w. yaitu adanya sholat menghadap kearah mana saja kendaraan menghadap. (HR. Muslim, Tirmidzi dan Nasa'i).
** Turunnya ayat 2: 115 ini berhubungan dengan riwayat dari : Amir bin Rabi'ah dari ayahnya berkata, ketika kami sedang bepergian bersama Nabi s.a.w. di suatu malam yang sangat gelap, maka kami turun di suatu tempat untuk sholat, dan tiap orang menandai tempat sholatnya dengan batu. Pagi harinya kami dapati batu-
batu itu tidak tepat pada kiblat, lalu kami bertanya kepada Rasulullooh s.a.w.: Ya Rasulullooh s.a.w., kami semalam telah sholat
kearah yang bukan kiblat, maka Allah menurunkan ayat 2:115, ini. (HR. Tirmidzi & Ibnu Majah. derajat Hasan).
BERDIRI
Peliharalah segala shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu'. (QS. 2:238).
Dalam keadaan berkendaraan, maka dapatlah kita sholat di atas kendaraan. Dalam keadaan yang menakutkan maka sholat dapat dilakukan dalam kendaraan berjalan dan bila sedang dalam keadaan jalan-kaki dapat dilakukan dengan berjalan, sebagaimana firman Allah SWT:
Jika kamu dalam keadaan takut (bahaya), maka shalatlah sambil berjalan atau berkendaraan. Kemudian apabila kamu telah aman, maka sebutlah Allah (shalatlah), sebagaimana Allah telah mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui. (QS. 2:239)
Apabila mereka bercampur (dengan musuh, maka sholat dilakukan hanya dengan) takbir dan isyarat kepala. (HR. Baihaqi).
Tentunya persyaratan berdiri ini adalah persyaratan yang umum, dalam situasi tertentu dimana tidak kuasa untuk berdiri, maka dapat melakukan sholat dengan duduk, yang bilamana juga masih tidak kuasa dengan duduk maka dapat dengan berbaring.
SHOLAT DALAM KEADAAN DUDUK/BERBARING
Imran bin Husain r.a. berkata: Aku mempunyai penyakit bawazir, kemudian aku bertanya kepada
Rosulullooh s.a.w.. Beliau s.a.w. menjawab, Sholatlah engkau sambil berdiri, apabila tidak bisa, maka sambil duduklah, dan apabila tidak bisa, maka sambil berbaringlah. (Bukhori, Abu Dawud dan Ahmad). Dalam kesempatan berikutnya Imran bin Husain berkata: Aku bertanya kepada Rasulullooh s.a.w. tentang sholat seorang laki-laki sambil duduk. Beliau bersabda, "Barangsiapa yang sholat sambil berdiri, maka hal itu adalah lebih utama. Barangsiapa yang sholat sambil duduk, maka ia mendapatkan setengah dari pahala orang yang sholat sambil berdiri. Dan barangsiapa yang sholat sambil tidur [berbaring; dlm riwayat lain], maka ia mendapatkan setengah dari pahala orang yang sholat sambil duduk. (Bukhori, Abu Dawud dan Ahmad). Al-Khithobi mengatakan bahwa hadiest Imran di atas mengenai pahala orang yang sakit adalah setengah dari pahala orang yang berdiri, adalah sebagai dorongan baginya untuk melakukan sholat dengan berdiri, walaupun ia diperbolehkan untuk duduk. Caranya sholat sambil berbaring atau duduk ialah sholat dengan isyarat, dan jadikanlah sujudmu lebih rendah dari ruku'mu.
KEADAAN YANG LAIN DARI DI ATAS YAITU BERDIRI SHOLAT SAMBIL BERSANDAR DI TIANG.
Rosulullooh s.a.w. di tanya tentang sholat di atas kapal. Beliau bersabda: Sholatlah didalamnya (kapal) sambil berdiri, kecuali apabila kamu takut tenggelam.(Al-Bazzar, Daraqutni, Abdul Ghoni Al-Maqdisi; disahihkan oleh Al-Hakim dan disepakati oleh Adz-Dzahabi). Tatkala Rosulullooh s.a.w. telah lanjut usia, maka beliau membuat sebuah tiang di dalam mushollanya yang dijadikan sandaran olehnya (ketika sholat). (Abu Dawud dan Hakim, disahihkan oleh Adz-Dzahabi).
BERDIRI DAN DUDUK DI DALAM SHOLAT LAIL
Pernah Rosulullooh s.a.w. pada suatu malam yang panjang sholat sambil berdiri dan pada suatu malam yang panjang juga sholat sambil duduk. Dan apabila beliau s.a.w. membaca (qur'an) sambil berdiri, maka maka beliau ruku' sambil berdiri. Apabila beliau s.a.w. membaca (qur'an) sambil duduk maka beliaupun ruku' sambil duduk. (Muslim dan Abu Dawud).
Dalam keadaan yang lain, kadang beliau s.a.w. sholat sambil duduk dan membaca sambil duduk. Kemudian, apabila bacaannya itu masih tersisa sekitar tiga puluh atau empat puluh ayat,
maka beliau berdiri dan meneruskan bacaannya sambil berdiri, lalu ruku' dan sujud (seperti biasa). Kemudian di dalam rak'at yang kedua, beliau berbuat yang sama. (Bukhori dan Muslim).
Rosulullooh s.a.w. hanya melakukan sholat sunnat sambil duduk pada akhir hayatnya ketika usianya telah lanjut, yaitu satu tahun sebelum wafatnya. (Muslim dan Ahmad).
Pernah Rosulullooh s.a.w. sholat sambil duduk bersila. (An-Nasa'i & Ibnu Khuzaimah; disahihkan Al-Hakim dan disepakati oleh Adz-Dzahabi). Kadangkala, Rosulullooh s.a.w. berdiri melakukan sholat tanpa memakai terompah* dan kadangkala melakukannya dengan memakai terompah. (Abu Dawud dan Ibnu Majah; Kata Ath-Thohawi ini hadist mutawatir (banyak yang meriwayatkannya)).
* tidak boleh ada khubuts (kotoran) padanya.
LARANGAN SHOLAT MENGHADAP KUBURAN
Janganlah kamu sholat dengan menghadap kubur dan janganlah kamu duduk di atasnya. (Muslim, Abu Dawud dan Ibnu Khuzaimah).
TAKBIR
Rosulullooh s.a.w. membuka sholat dengan kata-katanya: ALLOOHU AKBAR (Allah Maha Besar). (Muslim dan Ibnu Majah).
Kepada orang yang sholatnya belum benar, beliau s.a.w. bersabda: Sesungguhnya tidaklah sempurna sholat salah seorang di antara
manusia, sehingga ia berwudhu' dengan menyempurnakan wudhu'nya, lalu berkata (memulai sholatnya), ALLOOHU AKBAR. (Thobrani).
Mif-taahu'sh-sholaati'th-thuhuuru watah-riimuuha't-takbiiru watah-liiluha't-tas-liimu.
Kunci sholat adalah thoharoh (wudhu' atau tayamum bila terpaksa), pembukanya adalah takbir dan penutupnya adalah salam. (Abu Dawud, Turmudzi disahihkan Adz-Dzahabi).
TAKBIR DENGAN SUARA KERAS
Beliau s.a.w. mengeraskan suaranya dengan takbir sehingga terdengar oleh orang-orang yang berada di belakangnya. (Ahmad dan Hakim dan disahihkan oleh Adz-Dzahabi).
Apabila Rasulullooh s.a.w. sakit, maka Abu Bakar mengeraskan suaranya untuk menyampaikan takbir Nabi s.a.w. kepada manusia. (Muslim dan Nasa'i).
Kemudian beliau s.a.w. bersabda: apabila Imam mngucapkan Alloohu Akbar, maka (makmum/di belakang Imam) ucapkanlah Alloohu Akbar. (Ahmad dan Baihaqi).
KEDUDUKAN TANGAN KETIKA TAKBIR
Ketika membaca takbir Rasulullooh s.a.w. mengangkat kedua tangannya.
Caranya adalah berdasarkan hadiest:
Kadang-kadang Rasulullooh s.a.w. mengangkat kedua tangannya bersamaan dengan melafalkan takbir [Bukhori dan Nasa'i], kadangkala setelah selesai membaca takbir [Bukhori dan Abu Dawud] dan kadang-kadang sebelum membaca takbir [Bukhori dan Nasa'i].
Keadaan telapak tangan ketika takbir berdasarkan hadiest: Beliau s.a.w. mengangkat kedua (tangannya) sambil meluruskan jari-jemari, tidak merengangkan dan tidak pula menggenggamnya. (Abu Dawud & Ibnu Khuzaimah; Tamam, Al-Hakim dan disahihkan Adz-Dzahabi). Tingginya kedua tangan di angkat ketika takbir adalah: Dan beliau s.a.w. meletakkan kedua tangannya itu setinggi bahunya (Bukhori dan Nasa'i) dan barangkali beliau mengangkatnya (maksimum) hingga setinggi daun-daun telinganya. (Bukhori dan Abu Dawud).
KEDUDUKAN TANGAN SETELAH TAKBIR
Beliau s.a.w. meletakkan kedua tangannya di atas dadanya. (Abu Dawud dan Ibnu Khuzaimah).
Beliau s.a.w. melarang untuk meletakkan tangan di atas lambung (rusuk) di dalam sholat. (Bukhori dan Muslim).
Posisi tangan setelah di letakkan adalah: Sesungguhnya kami, para Nabi telah diperintahkan untuk menyegerakan berbuka puasa dan mengakhirkan makan sahur, dan untuk meletakkan tangan-tangan kanan kami di atas tangan-tangan kiri kami pada waktu sholat. (Ibnu Hibban dan Adh-Dhiya' - sahih).
Rasulullooh s.a.w. meletakkan tangan kanannya di atas tangan kirinya. (Muslim dan Abu Dawud). Beliau s.a.w. berlalu dekat seorang laki-laki yang sedang sholat. Laki-laki itu meletakkan tangan kirinya di atas tangan kanannya. Kemudian beliau s.a.w. melepaskannya dan meletakkan tangan kanannya di atas tangan kirinya. (Ahmad dan Abu Dawud - sahih).
Beliau s.a.w. meletakkan tangan kanannya di atas punggung telapak tangannya, pergelangan tangannya dan lengan tangannya (maksudnya adalah di atas tulang hasta/pengumpil). (Abu Dawud, Nasa'i dan Ibnu Khuzaimah - sahih). [ dalam riwayat lain beliau s.a.w. memerintahkan hal tersebut kepada para sahabatnya. (Malik, Bukhori dan Abu 'Uwamah)].
Kadang-kadang beliau s.a.w. menggenggamkan tangan kanannya ke tangan kirinya. (An-Nasa'i dan Ad-Daruquthni - sahih).
POSISI KEPALA DAN PANDANGAN
Apabila Rasulullooh s.a.w. sholat, maka beliau menundukkan kepalanya dan mengarahkan pandangannya ke tanah. (Al-Baihaqi dan Al-Hakim.- sahih. Hadiest ini mempunyai saksi
10 orang sahabat Rasulullooh s.a.w. [Ibnu Asakir].
Tatkala beliau s.a.w. memasuki Ka'bah, maka pandangannya tidak pernah meninggalkan tempat sujudnya, hingga beliau keluar daripadanya. (Al-Baihaqi dan Al-Hakim).
Larangan mengarahkan pandangan ke langit: Beliau s.a.w. melarang untuk mengarahkan pandangan ke langit. (Bukhori dan Abu Dawud). Didalam riwayat lain beliau s.a.w. bersabda: Niscaya suatu kaum akan binasa karena mereka mengangkat pandangan mereka ke langit di dalam sholat, atau pandangan mereka itu tidak akan kembali lagi kepada mereka, [Dilain riwayat dikatakan:
mata-mata mereka itu disambar]. (Muslim, Bukhori dan As-Siraj).
Larangan menoleh:
Apabila kamu sedang sholat, maka janganlah kamu menoleh, karena sesungguhnya Allah menghadapkan wajahNya ke wajah hambaNya di dalam sholatnya, selama ia tidak menoleh. (Turmudzi dan Hakim - sahih). Menoleh adalah suatu curian yang di curi oleh setan
dari sholat seorang hamba. (Bukhori dan Abu Dawud).
Jauhkan hal-hal yang dapat mengganggu pandangan dan pikiran ketika sholat:
Rosulullooh s.a.w. sholat dengan mengenakan kain yang mempunyai tanda-tanda, kemudian beliau melihat kepada tanda-tanda itu dengan sekali lihat. Selesai sholat, beliau bersabda, "Pergilah dengan membawa kainku ini kepada Abi Jahmin dan bawalah kepadaku pakaian (yang tebal yang tidak ada tandanya) milik Abi Jahmin, karena sesungguhnya ia telah melupakan aku dari sholatku tadi. [Dalam riwayat lain
dikatakan] Sesungguhnya aku telah melihat kepada
tandanya pada waktu sholat, hingga ia hampir mengujiku.(Bukhori, Muslim dan Malik).
'Aisyah r.a. mempunyai pakaian, yang di dalamnya terdapat lukisan, yang terjurai ke sahwah, sedangkan Nabi s.a.w. sholat dengan menghadap kepadanya. Kemudian beliau bersabda, keluarkanlah (jauhkanlah) baju itu daripadaku, karena lukisan baju itu senantiasa menghalang-halangi aku di dalam sholatku. (Bukhori, Muslim dan Abu 'Uwanah).
Tidaklah layak di dalam rumah terdapat sesuatu yang menyibukkan (mengganggu pikiran) orang yang sholat. (Abu Dawud dan Ahmad - sahih).
Janganlah menahan kentut/buang hajat atau bilamana makanan telah tersedia: Tidaklah sah sholat orang yang di hadapannya terdapat makanan, dan tidak pula sholat orang yang ingin membuang kotoran.(Bukhori, Muslim dan Ibnu Abi Syaibah).
SHOLAT DENGAN TENANG DAN TERTIB
Sholatlah seperti sholat orang yang berpamitan, seakan-akan anda melihat-Nya dan walaupun anda tidak melihatNya, maka sesungguhnya DIA melihatmu. (Al-Mukhlish; Ath-Thobrani, Ar-Rubani dan Adh-Dhiya'; Ibnu Majah, Ahmad dan Ibnu Asakir - disahihkan Al-Haitami Al-Faqih).
Tidak ada bagi seorang yang datang kepadanya sholat wajib, lalu ia memperbaiki*) wudhu'nya, khusyu'nya dan ruku'nya, kecuali sholat itu akan menghapuskan dosa-dosanya yang telah lalu,
selama ia tidak melakukan dosa-dosa besar, dan hal ini untuk setiap masa. (Muslim).
*) memperbaiki disini menurut pemahaman saya mengandung pengertian bahwa, bilamana kita selalu memiliki keinginan dan usaha untuk menyempurnakan tatacara beribadah kita kepada Allah SWT, maka janji-NYA dalam hadiest sahih riwayat Muslim di atas berlaku bagi kita.
Sedangkan untuk wudhu' selain pengertian di atas, juga mengandung pengertian tentang anjuran berwudhu' kembali setiap akan melakukan sholat wajib sebagaimana hadiest dalam wudhu'. Dalam Fathul Baary 1:135 no.214, Dari Anas, ia berkata: adalah Nabi s.a.w. berwudhu' setiap kali hendak melakukan sholat. Lalu saya tanyakan kepada (para sahabat): dan bagaimana kalian melakukannya? Ujarnya: biasanya kami cukup melakukan sekali wudhu' (untuk beberapa kali sholat) selama kami belum berhadats. Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqolani berkata: sesungguhnya
hadiest ini menunjukkan bahwa yang dimaksud secara umum adalah sholat wajib. (Fathul Baary 1:316). Imam Ath-Thohawi berkata: dimungkinkan perbuatan yang demikian (Fathul Baary 1:135 no.214) di atas wajib bagi beliau s.a.w. saja, kemudian sesudah itu di manshukh-kan
pada waktu Fathu Makkah (penaklukan kota Makkah) berdasarkan hadits Buraidah yang diriwiyatkan oleh Imam Muslim: Biasanya Nabi s.a.w. berwudhu' setiap kali sholat (sholat wajib), maka pada waktu Fathu Makkah beliau s.a.w. mengerjakan beberapa kali sholat (sholat wajib) dengan satu wudhu'.
Maka ketika 'Umar r.a. bertanya: Ya Rosulullooh s.a.w., engkau telah melakukan sesuatu yang belum pernah engkau lakukan selama ini? Nabi s.a.w. menjawab: Memang sengaja saya lakukan itu hai 'Umar!. Bisa jadi beliau s.a.w. lakukan yang demikian sebagai suatu perkara yang sunnah, kemudian beliau khawatir disangka wajib, maka beliau tinggalkan, untuk menunjukkan bolehnya melakukan (kedua-duanya). Dari penjelasan di atas dalam pemahaman saya berarti
berwudhu' setiap akan melakukan sholat wajib (meskipun belum batal) adalah sunnah, dan melakukan beberapa kali sholat dengan sekali wudhu' (selama tidak batal) dibolehkan. Tentunya hal ini berlaku dalam dalam keadaan normal (bukan dalam keadaan darurat/kepepet waktu). Kalau dalam keadaan darurat/sibuk maka tentunya dalam pemahaman saya melakukan wudhu' sekali untuk beberapa sholat wajib (selama belum batal) adalah yang disunnahkan.
Walloohu A'lamu bish-Showaab.