Tata Cara Shalat Rasulullah SAW 8

SUJUD
Rosulullooh s.a.w. mengucapkan takbir,[kadangkala beliau s.a.w. mengangkat kedua tangannya apabila hendak sujud (Nasa'i. Daruquthni dan Mukhlish--->sahih)], lalu turun untuk sujud (Bukhori dan Muslim).
Kepada orang yang sholatnya belum betul, beliau s.a.w. bersabda: Tidaklah sempurna sholat salah seorang di antara manusia, sehingga ia mengucapkan, sami'alloohuliman hamidah, sampai ia berdiri tegak lurus, kemudian mengucapkan Alloohu akbar, lalu sujud, sehingga tulang sendi-sendinya menjadi tenang. (Abu Dawud Hakim disahihkan dan disepakati oleh Adz-Dzahabi).
Dilain riwayat dikatakan apabila beliau s.a.w. hendak sujud, maka beliau mengucapkan takbir, dan MERENGGANGKAN KEDUA TANGANNYA dari KEDUA SISI TUBUHNYA, kemudian sujud. (Abu Ya'la; Ibnu Khuzaimah --->sahih).
Apakah hadiest ini bisa digunakan untuk menunjukkan posisi tangan ketika i'tidal ???
yakni beliau s.a.w. meRENGGANGkan kedua tangannya dari KEDUA SISI TUBUHNYA kemudian sujud???
Walloohu a'lamu bish-showaab.
SUJUD DENGAN BERTELEKAN PADA KEDUA TANGAN
Beliau s.a.w. meletakkan kedua tangannya di atas tanah sebelum kedua lututnya. (Ibnu Khuzaimah; Daruquthni dan Hakim, disahihkan dan disepakati oleh Adz-Dzahabi).
Nabi s.a.w. bersabda: Apabila seorang di antara kamu sujud, maka janganlah ia berlutut seperti berlututnya unta [yang berlari], dan hendaklah ia meletakkan kedua tangannya sebelum kedua lututnya. (Abu Dawud dan Ahmad dengan sanad yang sahih).
Sesungguhnya kedua tangan itu bersujud sebagaimana bersujudnya wajah. Oleh karena itu apabila salah seorang di antara kamu meletakkan wajahnya, maka hendaklah ia meletakkan kedua tangannya (juga), dan apabila ia mengangkatnya, maka hendaklah iapun mengangkatnya keduanya. (Ibnu Khuzaimah, Ahmad dan As-Siraj disahihkan oleh Hakim dan disepakati oleh Adz-dzahabi).
Dari Baro' bin 'Azib, ia berkata: telah bersabda Rosulullooh s.a.w.: Apabila engkau sujud maka letakkanlah dua tapak tanganmu dan angkatlah kedua sikumu. (Muslim).
Beliau bertelekan kepada kedua tangannya sambil melebarkannya (Abu Dawud dan Hakim-sahih),
merapatkan jari-jari kedua telapak tangannya. (Ibnu Khuzaimah, Baihaqi dan Hakim --->sahih) dan mengarahkannya kehadapan kiblat. (Baihaqi --->sahih).
Beliau s.a.w. meletakkan (kedua telapak tangannya) setentang (sejajar) dengan kedua bahunya.
(Abu Dawud dan Tirmidzi --->sahih). Beliau s.a.w. meletakkannya setentang dengan kedua telinganya. (Abu Dawud dan An-Nasa'i --->sahih).
Dari Ibnu Abbas, ia berkata: telah bersabda Rosulullooh s.a.w.: Aku diperintah bersujud atas tujuh tulang, atas dahi; dan ia isyarat dengan tangannya kepada hidung, dua telapak tangan, dua lutut dan ujung-ujung kedua tapak kaki. (Bukhori dan Muslim).
Rosulullooh s.a.w. berkata kepada orang yang sholatnya belum betul: Apabila kamu sujud, maka tetaplah pada sujudmu itu. (Abu Dawud dan Ahmad --->sahih)[tetapkanlah wajah dan kedua tanganmu, sehingga setiap tulangmu menjadi tenang pada tempatnya. (Daruquthni dan Thobroni; Abu Na'im)].
Nabi s.a.w. menetapkan juga kedua lututnya dan ujung-ujung jari kedua kakinya. (Baihaqi --->sahih); menghadapkan ujung-ujung jari-jemarinya kearah kiblat (Bukhori dan Abu Dawud),
dengan menegakkannya (Baihaqi --->sahih) dan merapatkan kedua tumitnya (Thohawi dan Ibnu Khuzaimah;Hakim --->sahih). Beliau memerintahkan untuk melakukan pekerjaan itu. (Tirmidzi dan As-Siraj --->sahih).
Kepada orang (berambut gondrong) yang sujud lalu tangannya digunakan untuk menahan rambutnya (sehingga tidak ikut menempel di lantai), Rosulullooh s.a.w. bersabda: Sesungguhnya, perumpamaan orang ini seperti orang yang sholat, sedangkan kedua tangannya diikat ke belakang. (Muslim, Abu 'Uwanah dan Ibnu Hiban).
Nabi s.a.w. mengangkat kedua (siku)nya dari lantai dan menjauhkannya dari kedua sisi tubuhnya, sehingga putih kedua ketiaknya terlihat dari belakangnya.(Bukhori dan Muslim).
Luruslah kamu sekalian di dalam bersujud dan janganlah salah seorang di antara kamu menghamparkan kedua sikunya seperti anjing menghamparkannya. (Bukhori, Muslim, Abu Dawud dan Ahmad).
Janganlah engkau bentangkan kedua sikumu seperti binatang buas, dan bertelekanlah kepada kedua telapak tanganmu serta renggangkanlah kedua tanganmu (tangan dari siku kebahu).
Karena sesungguhnya apabila engkau melakukannya, maka seluruh anggota tubuhmu ikut bersujud bersamamu. (Ibnu Khuzaimah dan Al-Maqdisi --->sahih).
DOA-DOA DAN DZIKIR DALAM SUJUD
1. SUBHAANA ROBBIYAL-A'LAA 3x. = Maha Sci Robbku Yang Maha Tinggi/Luhur 3x. (Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, Daroquthni, Thohawi, Bazzar dan Thobroni --->sahih). Kadangkala beliau s.a.w. mengulangnya lebih dari pada itu. (lihat bab ruku').
2. SUBHAANA ROBBIYAL-A'LAA WABIHAMDIH 3x. = Maha Sci Robbku Yang Maha Tinggi/Luhur dan aku memujiNYA. 3x (Abu Dawud, Daruquthni, Ahmad, Thobroni dan Baihaqi).
3. Subbuuhung-qudduusur-Robbul-malaa-ikati warruuh. =Maha Suci dan Pemberi Berkat, Tuhan Malaikat dan Ruh (Muslim dan Abu 'Uwanah).
4. Sub-haanakalloohumma wabihamdika alloohummagh-firlii. =Maha Suci Engkau ya Allah, dan Aku memujiMU, Ya Allah ampunilah aku. Beliau s.a.w. banyak membaca dzikir dan do'a ini di dalam ruku' dan sujudnya. Di sini, beliau menta'wilkan Al-Qur'an. (Bukhori dan Muslim). Yang dimaksudkan dengan menta'wilkan Al-Qur'an dalam hadist ini adalah: Maka bertasbihlah dengan memuji Rabbmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat. (QS. 110:3)
5. Alloohumma-laka sajad-tu, wa bika aamang-tu, walaka aslamtu, wa-ang-ta robbii, sajada waj-hii lilladzii kholaqohu wa-show-warohu fa-ahsana shuwarohu, wasyaqqo sam'ahu wabashoruhu fatabarokalloohu ahsanul-khooliqiin. =Ya Allah, kepadaMU-lah aku bersujud, kepadaMU aku beriman dan kepadaMU-lah aku menyerahkan diriku. Dan Engkaulah Robbku. Wajahku bersujud kepada Dzat yang telah menciptakan dan membentuknya, maka baikkanlah bentuknya; dan Yang telah menjadikan diriku mendengar dan melihat. Maka Maha Suci Allah sebaik-baiknya pencipta.
Muslim, Abu 'Uwanah, Thohawi dan Daroquthni).
6. Alloohummagh-firlii dzambii kullahu wadiq-hu wajalluhu, wa aw-waluhu wa-aakhiruhu, wa'alaa-niyatih. =Ya Allah, ampunilah seluruh dosaku, yang sekecil-kecilnya dan yang sebesar-besarnya, yang pertama dan yang terakhir, yang terang-terangan dan yang tersembunyi. (Muslim dan Abu 'Uwanah).
7. Sajadalaka sawaadii wakhiyaalii, wa-aamana-bika fa-aadii, abuu-u bini'matika 'alayya hadzii-yadayya wamaa janaita 'alaa nafsihii.
=Hitam wujudku dan khayalanku bersujud kepadaMU, hatiku beriman kepadaMU, dengan ni'mat yang Engkau berikan kepadaku aku kembali. Inilah tanganku menengadah kepadaMU, memohon ampunan atas dosa yang aku lakukan. (Ibnu Nashr, Bazzar dan Hakim --->sahih).
8. Sub-haanakal-loohumma Dzil-jabaruuti wal-malakuuti, wal-kibri-yaa-i wal'azhomah. (Abu Dawud dan Nasa'i --->sahih). =Maha Suci Engkau ya Allah, Dzat yang memiliki kekuasaan,
kerajaan, kebesaran dan keagungan. Dzikir ini diucapkan oleh Rosulullooh s.a.w. pada waktu sholat lail (malam).
9. Sub-haanakal-loohumma wabihamdika, laa ilaaha illaa ang-ta. =Maha Suci Engkau ya Allah, dan aku memujiMU. Tidak ada Robb selain Engkau. (Muslim, Abu 'Uwanah, Nasa'i dan Nashr).
10. Alloohummagh-firlii maa as-rortu, wamaa a'lang-tu. =Ya Allah, ampunilah aku dari apa-apa yang aku sembunyikan dan yang aku nyatakan. (Ibnu Abi Syaibah dan Nasa'i --->sahih).
11. Alloohummaj'al fiiqolbii nuurow-wafii lisaanii nuurow-waj'al fiisam'ii nuurow- waj'al fiibashorii nuurow-waj'al ming-tahtii nuurow- waj'al ming-fawqii nuurow-wa'ay-yamiinii nuurow- wa'ay-yasaarii nuurow-waj'al amaamii nuurow-waj'al khol-fii nuurow-waj'al fiinafsii nuurow- wa-a'zhimlii nuuroo. =Ya Allah, berilah cahaya ke dalam hatiku, dan cahaya kedalam lisanku, berilah cahaya kedalam pendengaranku, berilah cahaya kedalam penglihatanku, berilah cahaya dari bawahku, berilah cahaya dari atasku, cahaya dari samping kananku, cahaya dari samping kiriku, dan , berilah cahaya dari depanku, berilah cahaya dari belakangku, dan berilah cahaya kedalam jiwaku dan perbanyaklah cahaya bagiku. (Muslim dan Abu 'Uwanah dan Ibnu Abi Syaibah).
12. Alloohumma innii a'uu-dzu biri-dhooka ming-sukh-tika wa-a'uu-dzu bimu'aafaatika min'uquubatika wa-a'uu-dzu bika ming-ka laa-uhshii-tsanaa-an'alaika ang-ta kamaa ats-naita 'alaa nafsik. =Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan ridhoMU dari kemurkaanMU, dan aku berlindung dengan perlindunganMU dari siksaMU, dan aku berlindung denganMU dariMU. Aku tidak menghitung-hitung pujian kepadaMU, Engkau sebagaimana yang Engkau pujikan kepadaMU.
(Muslim dan Abu 'Uwanah dan Ibnu Abi Syaibah).
Diriwayatkan bahwa: ROSULULLOOH S.A.W. menjadikan RUKU'NYA dan BANGKITNYA DARI RUKU', SUJUDNYA dan DUDUK DI ANTARA DUA SUJUD hampir sama lamanya. (Bukhori dan Muslim).
LARANGAN MEMBACA AL-QUR'AN DI DALAM SUJUD
Rosulullooh Muhammad s.a.w. melarang untuk membaca Al-Qur'an di dalam ruku' dan sujud. Beliau memerintahkan untuk bersungguh-sungguh dan memperbanyak do'a di dalam sujud. Diriwiyatkan bahwa Rosulullooh Muhammad s.a.w. melarang membaca Al-Qur'an di dalam ruku' dan sujud. (Muslim dan Abu 'Uwanah).
Rosulullooh s.a.w. bersabda: Hamba yang paling dekat kepada Robbnya adalah hamba yang bersujud. Oleh karena itu perbanyaklah do'a di dalam sujud. (Muslim, Abu 'Uwanah dan Al-Baihaqi).
MEMPERPANJANG SUJUD
Rosulullooh Muhammad s.a.w. menjadikan lama sejudnya hampir sama lamanya dengan ruku'nya. Dikarenakan sesuatu hal beliau s.a.w. dapat lama sekali dalam ruku sebagaimana yang dikatakan oleh sebagian sahabat: Rosulullooh s.a.w. telah keluar kepada kami di dalam salah satu sholat 'Isya'-Zhuhur atau 'Ashr- sambil membawa Hasan atau Husain. Kemudian Nabi s.a.w. tampil ke depan dan meletakkannya di sisi kaki kanannya, lalu bertakbir untuk
sholat dan sholatlah beliau s.a.w. Beliau memperpanjang sujudnya di antara dua punggung sholatnya. (Rawi berkata), kemudian aku mengangkat kepalaku di antara manusia, tiba-tiba anak kecil berada di atas punggung Rosulullooh s.a.w., sedangkan beliau tetap bersujud. Maka aku kembali bersujud. Setelah Rosulullooh s.a.w. sholat, maka manusia berkata,
Wahai Rosulullooh, sesungguhnya engkau telah memperpanjang sujudmu di antara dua punggung sholatmu ini, sehingga kami menduga bahwa telah terjadi sesuatu perkara atau engkau
menerima wahyu. Maka beliau s.a.w. bersabda: "Semua itu tidak terjadi, tetapi anakku telah menjadikan aku sebagai kendaraan, maka aku tidak mau untuk mempercepatnya sebelum ia selesai
memenuhi hajatnya. (An-Nasa'i dan Ibnu Asakir; Hakim --->sahih).
KEUTAMAAN SUJUD
Rosulullooh Muhammad s.a.w. bersabda: Tidak ada satu orangpun di antara umatku yang tidak aku ketahui pada hari kiamat. Mereka (sahabat) bertanya, "Bagaimana engkau dapat mengetahuinya wahai Rosulullooh, sedangkan engkau berada di tengah-tengah banyaknya makhluk?
Beliau s.a.w. bersabda: Apakah engkau dapat mengetahui sekiranya engkau memasuki tumpukan makanan yang di dalamnya terdapat sekumpulan kuda berwarna hitam pekat yang tidak dapat tertutup oleh warna lain, dan di dalamnya terdapat pula kuda putih bersih, dapatkah engkau melihatnya? Mereka berkata: "Tentu"!!!. Beliau s.a.w. bersabda : "Sesungguhnya umatku pada hari itu berWAJAH PUTIH BERSIH karena SUJUD dan karena WUDHU' (Ahmad dengan sanad yang sahih; Tirmidzi --->sahih).
Dan Rosulullooh s.a.w. bersabda: Apabila Allah hendak memberikan rahmatNYA kepada seseorang di antara penghuni neraka, maka Allah memerintahkan kepada malaikat untuk mengeluarkan orang-orang yang beribadah kepada Allah. Maka malaikat mengeluarkan mereka dan mereka diketahui dengan bekas-bekas sujud. Dan Allah telah mengharamkan kepada neraka untuk memakan bekas sujud. Mereka akan keluar dari neraka. Sesungguhnya, setiap bani Adam (dalam neraka) itu akan dimakan oleh neraka, kecuali bekas sujud. (Bukhori dan Muslim).
SUJUD BISA LANGSUNG DI TANAH ATAU MENGGUNAKAN ALAS (TIKAR DLL).
Diriwayatkan bahwa: Para sahabat Rosulullooh s.a.w. sholat bersama beliau pada saat yang sangat panas. Kemudian, apabila salah seorang di antara mereka tidak dapat menetapkan keningnya ke atas tanah, maka ia menghamparkan bajunya, lalu bersujud di atasnya. (Muslim dan Abu 'Uwanah).
Dan diriwayatkan bahwa beliau s.a.w. berabda: ...dan aku menjadikan seluruh tanah bagiku dan
ummatku sebagai masjid (tempat sujud) dan suci. Oleh karena itu, dimana saja salah seorang di antara ummatku menemui (waktu) sholat, maka ia mempunyai masjid yang suci. Dan orang-orang sebelum aku telah mengagungkan hal itu. Sesungguhnya mereka telah melakukan sholat di dalam gereja-gereja mereka. (Ahmad, As-Siraj dan Baihaqi --->sahih).
Pernah Rosulullooh s.a.w. bersujud di atas tanah berair. Peristiwa ini telah terjadi pada waktu shubuh pada malam kedua puluh satu dari bulan Romadhon, ketika turun hujan dari langit dan atap masjid yang terbuat dari pelepah kurma itu bocor, sehingga Nabi s.a.w. bersujud di atas tanah berair. Abu Sa'id Al-Khudri berkata: Kedua mataku telah melihat Rosulullooh Muhammad s.a.w., sedangkan pada kening dan hidungnya terdapat bekas air dan debu (tanah). (Bukhori dan Muslim). Diriwayatkan bahwa: Beliau s.a.w. sholat di atas khumroh (tikar kecil yang menutup wajah dari tanah). (Bukhori dan Muslim). Diriwayatkan pula: Beliau s.a.w. sholat di atas tikar. (Muslim dan Abu 'Uwanah). Diriwayatkan pula: Beliau s.a.w. sholat di atas tikar itu dan tikar tersebut telah menghitam karena banyak dipakai. (Bukhori dan Muslim).
BANGKIT DARI SUJUD
Rosulullooh s.a.w. mengangkat kepalanya dari sujud sambil mengucapkan takbir. (Bukhori dan Muslim). Kepada orang yang sholatnya belum betul beliau s.a.w. memerintahkan: Tidaklah sempurna sholat salah seorang manusia, sehingga ia BERSUJUD sampai tulang-tulang persendiannya merasa tenang, lalu mengucapkan ALLOOHU AKBAR dan mengangkat kepalanya hingga ia duduk lurus. (Abu Dawud dan Hakim --->sahih).
Dan adakalanya: Beliau s.a.w. mengangkat kedua tangannya bersamaan dengan takbir ini (Ahmad dan Abu Dawud --->sahih). Kemudian dikatakan bahwa: Beliau s.a.w. membentangkan kaki kirinya (duduk iftirasy), lalu duduk di atasnya dengan tenang. (Bukhori, Abu Dawud, Muslim dan Abu 'Uwanah). Apabila kamu sujud, maka tetapkanlah sujudmu, dan apabila kamu bangkit, maka duduklah di atas paha kirimu. (Ahmad dan Abu Dawud dengan sanad yang jayyid). Kemudian dikatakan bahwa: Beliau s.a.w. mendirikan kaki kanannya. (Bukhori dan Baihaqi). Kemudian dikatakan bahwa: Beliau s.a.w. menghadapkan jari-jemari kakinya ke arah kiblat. (An-Nasa'i --->sahih). Diriwiyatkan bahwa : Rosulullooh s.a.w. adakalanya duduk tegak di atas kedua tumit dan dada kedua kakinya. (Muslim, Abu 'Uwanah dan Abu'sy-Syaikh; Baihaqi).
KEWAJIBAN THUMA'NINAH DI ANTARA DUA SUJUD
Diriwiyatkan bahwa: Rosulullooh s.a.w. ber-thuma'ninah sehingga setiap tulang kembali kepada
tempatnya. (Abu Dawud dan Baihaqi --->sahih). Hal ini beliau perintahkan kepada orang yang sholatnya belum betul dengan sabdanya: Tidaklah sempurna sholat salah seorang dari pada kamu sampai ia melakukan hal itu. (Abu Dawud dan Hakim --->sahih). Kadangkala: Beliau s.a.w. berdiam sehingga orang mengatakan bahwa beliau telah lupa. (Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Hakim --->sahih).
Diriwayatkan bahwa: ROSULULLOOH S.A.W. menjadikan RUKU'NYA dan BANGKITNYA DARI RUKU', SUJUDNYA dan DUDUK DI ANTARA DUA SUJUD hampir sama lamanya. (Bukhori dan Muslim).
DZIKIR DAN DO'A PADA WAKTU DUDUK DI ANTARA DUA SUJUD
1. Alloohumma [Robbi]-ghfirlii warhamnii waj-burnii war-fa'nii wah-dinii wa'aafinii war-zuqnii. =Ya Allah (dalam riwayat lain: Ya Robbku), ampunilah aku, kasihanilah aku, cukupilah kekuranganku, angkatlah derajatku, berilah aku petunjuk, sehatkanlah aku dan maafkanlah aku. (Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Hakim --->sahih).
2. Kadangkala beliau s.a.w. mengucapkan: Robbighfirlii Robbighfirlii. =Ya Robbku, ampunilah aku, Ya Robbku, ampunilah aku. (Ibnu Majah -->hasan. Kata Imam Ahmad kalau ia mau, maka ia mengucapkan do'a ini 3x, dan jika ia mau ia ucapkan do'a nomor 1. Setelah itu diriwayatkan bahwa: Beliau s.a.w. mengucapkan takbir, lalu sujud untuk sujud yang kedua.(Bukhori dan Muslim).
Kepada orang yang sholatnya belum betul beliau s.a.w. perintahkan: Kemudian ucapkanlah Alloohu Akbar, lalu bersujudlah hingga tulang-
tulang persendianmu menjadi tenang. Kemudian lakukanlah semua hal itu di seluruh sholatmu. (Abu Dawud dan Hakim: Bukhori dan Muslim).
Adakalanya: Beliau s.a.w. mengangkat kedua tangannya bersamaan dengan takbir ini.(Abu 'Uwanah dan Abu Dawud --->sahih).
Sujud ini sama dengan sujud yang pertama. Kemudian diriwayatkan bahwa : Beliau s.a.w. mengangkat kepalanya sambil bertakbir. (Muslim dan Bukhori). Kemudian beliau s.a.w. mengangkat kepalanya, lalu bertakbir. (Abu Dawud dan Hakim --->sahih).
Beliau s.a.w. bersabda kepada orang yang sholatnya belum betul: Kemudian lakukanlah hal itu di dalam setiap raka'at dan sujud. Apabila kamu melakukan hal itu, maka telah sempurnalah sholatmu, dan apabila kamu menguranginya sedikit saja, maka kamu telah mengurangi sholatmu.
(Ahmad dan Tirmidzi --->sahih).