Tata Cara Shalat Rasulullah SAW 6

MENYUARAKAN DAN TIDAK MENYUARAKAN BACAAN DI DALAM SHALAT LAIL
Adapun di dalam shalat Lail, maka kadangkala beliau menyuarakan (Muslim dan Bukhari). Dan diriwayatkan bahwa: Apabila belaiu membaca Qira'at di rumah, maka orang yang berada di dalam
kamar dapat mendengar qira'atnya itu (Abu Dawud dan Turmudzi---> hasan).
Dan diriwayatkan pula: Bahkan barangkali beliau mengangkat mengangkat suaranya lebih dari pada itu, sehingga orang yang berada di luar kamar dapat mendengarnya (Nasai dan Turmudzi dan Baihaqi---> hasan) Hal ini telah diperintahkan kepada Abu Bakar dan Umar ra., yaitu ketika: Pada suatu malam beliau s.a.w.
keluar, tiba-tiba beliau mendapatkan Abu-Bakar tengah shalat dengan merendahkan suaranya. Dan beliau melewati Umar bin Khattab ra. tengah melakukan shalat dengan mengangkat suaranya. Kemudian tatkala mereka berdua berkumpul pada Nabi saw., bersabdalah beliau, "Wahai Abu Bakar, aku telah melewati engkau ketika engkau shalat (mengapa) engkau merendahkan suaramu ?". (Abu-Bakar) berkata, "Aku telah memperdengarkan kepada Yang aku bisikkan, wahai Rasulullah". Kemudian beliau bersabda kepada Umar, "Aku telah melewati engkau ketika engkau sedang shalat, (mengapa) engkau mengeraskan suaramu ?". (Umar) berkata,"Wahai Rasulullah, aku membangunkan orang yang mengantuk dan mengusir setan". Kemudian Nabi saw. bersabda, "Wahai Abu-Bakar angkat suaramu sedikit". Kemudian bersabda kepada Umar, "Rendahkan sedikit suaramu". (Abu Daud dan Hakim, dishahihkan dan disepakati oleh Adz-Dzahabi).
Dan diriwayatkan bahwa beliau s.a.w.bersabda: Orang yang terang-terangan di dalam membaca Al-Qur'an seperti orang yang terang-terangan di dalam bersedekah, sedangkan orang yang bersembunyi di dalam membaca Al-Qur'an seperti orang yang bersembunyi dengan sedekah (Abu Dawud dan Hakim, dishahihkan dan d isepakati oleh Adz-Dzahabi).
Di dalam sholat lail (sholat malam), kadangkala Rosulullooh s.a.w. mempersingkat qiro'at, kadangkala memanjangkan (membaca surat yang panjang) dan kadangkala membaca yang sangat panjang. Yang saya maksud dengan sangat panjang ini adalah: Pada suatu malam beliau s.a.w. membaca As-Sab'ath-thiwal (Al-Baqoroh, Ali Imron, An-Nisa, Al-Maidah, Al-A'rof dan At-Taubah) sedangkan beliau s.a.w. berada dalam keadaan sakit. (Abu Ya'la dan Hakim disahihkan
Adz-Dzahabi). Kadangkala dalam tiap rak'at sholat lail beliau s.a.w. membaca satu surat antara tujuh surat yang terpanjang (Abu Dawud dan Nasa'i --->sahih). Belum pernah diketahui beliau s.a.w. menghatamkan Al-Qur'an di dalam satu malam. (Muslim dan Abu Dawud).
Beliau s.a.w. bersabda kepada Abdillah bin Amr r.a. Bacalah (sampai tamat) Al-Qur'an di dalam setiap bulan. Ibnu Amr berkata, Aku mengatakan bahwa aku mempunyai kekuatan (kemampuan). Beliau s.a.w. bersabda: Bacalah ia di dalam dua puluh malam. Ibnu Amr berkata, Aku mengatakan bahwa aku mempunyai kekuatan Beliau bersabda, Bacalah ia (Al-Qur'an) di dalam tujuh malam dan jangan lebih dari pada itu. (Bukhori dan Muslim).
Setelah itu beliau s.a.w. memberi keringanan kepadanya untuk membacanya dalam lima malam (Hasa'i dan Turmudzi --->sahih). Kemudian beliau s.a.w. memberi keringanan kepadanya untuk membacanya di dalam 3 (tiga) malam. (Bukhori dan Ahmad). Beliau s.a.w. melarang untuk membaca Al-Qur'an (menamatkannya) kurang dari tiga malam dengan sabdanya: Barangsiapa yang membaca (seluruh) Al-Qur'an kurang dari tiga malam, maka ia belum memahaminya. (Ahmad --->sahih). Didalam lafazh lain dikatakan: Tidaklah akan memahami (Al-Qur'an) orang yang membaca Al-Qur'an lebih sedikit daripada tiga malam. (Darimi dan Turmidzi --->sahih).
Dalam sebuah hadiest diriwayatkan bahwa seorang laki-laki telah berkata kepada Rosulullooh s.a.w.: Wahai Rosulullooh s.a.w., sesungguhnya aku mempunyai tetangga yang bangun sholat malam dan tidak membaca selain daripada Al-Ikhlas S.112 (4). Ia mengulang-ulanginya tidak lebih daripada itu seakan-akan ia mengurangi (makna)nya. Maka Nabi s.a.w. bersabda: Demi Dzat Yang jiwaku ada pada tanganNYA, sesungguhnya ia (S.112) sebanding dengan sepertiga Al-Qur'an. (Ahmad dan Bukhori).
MENTARTILKAN QIRO'AT DAN MEMBAIKKAN SUARA
Rosulullooh Muhammad s.a.w. membaca Al-Qur'an dengan tartil, bukan dengan cepat-cepat dan bukan pula dengan tergesa-gesa, bahkan dengan dengan bacaan yang menafsirkan satu huruf satu huruf.(Abu Dawud dan Ahmad --->sahih).
Beliau s.a.w. membaca surat dengan tartil hingga menjadi lebih panjang dari surat yang terpanjang darinya. (Muslim dan Malik). Dikatakan kepada orang yang membaca Al-Qur'an, bacalah, keraskanlah dan baguskanlah (hiasilah) sebagaimana engkau berhias di dalam dunia.
Karena sesungguhnya kedudukan engkau itu ada pada akhir ayat yang engkau baca. (Abu Dawud dan Turmudzi serta disahihkan olehnya). Beliau s.a.w. memanjangkan bacaan pada huruf-huruf mad. Beliau s.a.w. memanjangkan Bismillaah, memanjangkan Ar-Rohmaan, memanjangkan Ar-Rohiim. (Bukhori dan Abu Dawud).
Beliau s.a.w. juga memerintahkan untuk membaguskan suara ketika membaca Al-Qur'an. Beliau s.a.w. bersabda: "Hiasilah Al-Qur'an dengan suara-suara kamu. Karena sesungguhnya suara yang bagus itu menambah kebaikan Al-Qur'an. (Bukhori; Abu Dawud, Darimi, Hakim dan Tamam Ar-Rozi ---sahih).
Sesungguhnya orang yang paling baik suaranya ketika membaca Al-Qur'an adalah orang yang apabila kamu mendengarnya membaca, kamu mengira ia takut kepada Allah. (Ibnu Mubarok; Ad-Darimi, Ibnu Nashr, Thobroni dan Abu Na'im; Adh-Dhiya' --->sahih).
Rosulullooh Muhammad s.a.w. bersabda: PELAJARILAH KITAB ALLAH, PELIHARALAH IA DAN SIMPANLAH IA, serta BERLAGUlah dengannya. Demi Dzat yang jiwaku berada pada kekuasaanNYA, sesungguhnya ia (Al-QUR'AN itu) lebih mudah lepas daripada unta (Makhadh) di dalam ikatannya. (Ad-Darimi dan Ahmad --->sahih).
Dan beliau s.a.w. bersabda: Tidaklah termasuk ummat kami, orang yang tidak melagukan Al-Qur'an. (Abu Dawud dan Al-Hakim dan disahihkan olehnya serta disepakati oleh Adz-dzahabi).
Tidak pernah Allah mengizinkan kepada sesuatu sebagaimana Allah mengijinkan (dalam lafzh lain dikatakan: seperti ijinNYA) kepada Nabi, bagusnya (dalam lafazh lain: merdunya) suara untuk berlagu dengan Al-Qur'an dan mengeraskannya. (Bukhori, Muslim, Ath-Thohawi dan Ibnu Mandah).
Rosulullooh s.a.w. bersabda kepada Abu Musa Al-Asy'ari r.a.: Sekiranya engkau melihatku ketika aku mendengarkan bacaanmu tadi malam, maka sesungguhnya engkau telah diberi satu mizwar (suara yang bagus -> pendapat ulama) di antara mazamir keluarga Dawud (Nabi a.s.).
Maka berkatalah Abu Musa seandainya aku mengetahui tempatmu, maka niscaya aku akan mengelokkan suaraku untukmu. (Abdur-Rozzaq; Bukhori, Muslim Ibnu Nashr dan Al-Hakim).
MEMBETULKAN IMAM
Rosulullooh Muhammad s.a.w. telah mensyari'atkan untuk membetulkan imam apabila ia keliru membaca. Diriwiyatkan bahwa: Beliau s.a.w. melaksanakan suatu sholat, lalu membaca dan beliau keliru. Tatkala beliau selesai sholat, beliau s.a.w. bersabda kepada Ubay, "Apakah enkau telah sholat bersama kami?" Ubay berkata: benar. Beliau s.a.w. bersabda, "Apa yang telah melarangmu untuk membetulkan aku?" (Abu Dawud, Ibnu Hibban, Thobroni dan Ibnu 'Asakir; Adh-Dhiya' --->sahih).
Dari Sahal bin Sa'ad ra. berkata: Rosulullooh s.a.w. bersabda: "Bila nampak sesuatu (yang salah) kepada seseorang dalam sholatnya, maka hendaklah ia memberi peringatan, yaitu dengan membaca tasbih (Subhanallooh) bagi laki-laki dan dengan bertepuk tangan bagi perempuan". (Bukhori dan Muslim).
Usman bin Abi'l-'Ash ra. berkata kepada Rosulullooh Muhammad s.a.w.: Wahai Rosulullooh s.a.w., sesungguhnya setan telah berada di antara aku dan sholatku, serta bacaanku dikelirukan olehnya. Kemudian Rosulullooh s.a.w. bersabda, "Itulah setan yang disebut Khinzab, apabila engkau merasakannya, maka memohonlah perlindungan kepada Allah daripadanya dan meludahlah (At-Taflu = meniup dengan sedikit ludah) kesebelah kirimu tiga kali". Ustman berkata, "Kemudian aku melakukannya, maka Allah menjauhkannya dari sisiku. (Muslim dan Ahmad).
* hadist ini mengajak untuk senantiasa memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.
RUKU'
Apabila Rosulullooh selesai membaca qiro'at, maka beliau s.a.w. berhenti sejenak. Kemudian beliau mengangkat kedua tangannya(dengan cara-cara seperti diterangkan dalam takbir pembukaan), bertakbir, kemudian ruku'. (Bukhori dan Muslim). Diterangkan bahwa pengangkatan tangan disini adalah mutawatir dari Rosulullooh s.a.w.. Demikian pula pengangkatan tangan ketika i'tidal dari ruku'.
Kepada orang yang shifat sholatnya belum betul, Rosulullooh s.a.w. bersabda: Sesungguhnya sholat seseorang di antara kamu itu tidak sempurna, sebelum orang itu menyempurnakan wudhu'nya sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Allah, lalu membesarkan Allah (takbir),
memujiNYA dan memuliakanNYA serta membaca ayat yang mudah baginya dari ayat-ayat Al-Qur'an yang telah diajarkan dan diijinkan oleh Allah kepadanya, kemudian bertakbir dan ruku',
serta meletakkan kedua tangannya pada kedua lututnya-sehingga tulang-tulang sendinya menjadi tenang dan merasa lapang (didalam lafazh lain-sehingga engkau tetap di dalam ruku'). (Abu Dawud dan Nasa'i disahihkan oleh Al-Hakim dan disepakati oleh Adz-Dzahabi).
Rosulullooh Muhammad s.a.w. meletakkan kedua telapak tangannya di atas kedua lututnya (Bukhori dan Abu Dawud) dan memerintahkan mereka (para sahabat) untuk melakukannya (Bukhori dan Muslim) dengan menguatkan (seakan-akan mengeratkan) memegang kedua lututnya(Bukhori dan Abu Dawud), dengan merenggangkan jari-jarinya (Al-Hakim, disahihkan dan disepakati oleh Adz-Dzahabi dan Ath-Thoyalisi --->sahih Abu Dawud 809).
Beliau s.a.w. juga bersabda: Apabila kamu ruku', maka letakkanlah kedua telapak tanganmu
di atas kedua lututmu. Kemudian, renggangkanlah jari-jemarimu. Lalu diamlah, sehingga setiapanggota badan mengambil bagiannya. (Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban --->sahih).
Beliau s.a.w. menjauhkan dan membengkokkan kedua sikunya dari kedua samping badannya. (At-Tirmudzi, disahihkan oleh Ibnu Khuzaimah).
Apabila beliau s.a.w. ruku', maka beliau melapangkan punggungnya dan meratakannya (Al-Baihaqi dan Bukhori). Sehingga (digambarkan), apabila punggungnya itu disiram air, maka air itu akan tetap di atasnya. (Ath-Thobroni, Abdullah bin Ahmad dan Ibnu Majah).
Beliau s.a.w. tidak menundukkan kepalanya dan tidak pula mengangkatnya (sehingga kepalanya lebih tinggi dari punggungnya). Tapi pertengahan antara menundukkan dan mengangkatnya.
(Muslim dan Abu 'Uwanah).
Rosulullooh s.a.w. melakukan thuma'ninah (berhenti dengan kedudukan tetap yang sempurna) di dalam ruku'nya. Beliau s.a.w. berabda: Sempurnakanlah ruku' dan sujud. Maka demi Dzat yang jiwaku berada dalam
kekuasaanNYa, sesungguhnya aku benar-benar melihat kamu sekalian di belakangku ketika kamu ruku' dan ketika kamu sujud. (Bukhori dan Muslim).
Ini adalah salah satu mu'jizat Rosulullooh yang khusus dalam sholat.
Diriwiyatkan bahwa: beliau s.a.w. melihat seorang laki-laki yang tidak menyempurnakan ruku'nya dan mencotok di dalam sujudnya ketika ia sholat. Kemudian beliau bersabda, "Sekiranya orang ini mati dalam keadaan seperti ini, niscaya ia mati bukan pada millah
(agama) Muhammad.-Karena dia mencotok dalam sholatnya sebagaimana burung gagak mencotok darah.. Perumpamaan orang yang tidak menyempurnakan ruku'nya dan mencotok dalam sujudnya seperti orang lapar yang makan satu buah kurma dan dua buah kurma yang tidak memberikan manfaat apa-apa kepadanya. (abu Ya'la; Al-Ajiri;Al-Baihaqi dan Ath-Thobroni; Adh-Dhiya; dan Ibnu 'Asakir dengan sanad yang hasan dan disahihkan oleh Ibnu Khuzaimah).
Abu Huroiroh ra. berkata: Kekasihku, Rosulullooh s.a.w. telah melarangku untuk mencotok
dalam sholatku seperti mencotoknya ayam jantan, untuk berpaling seperti berpalingnya srigala dan untuk duduk seperti duduknya kera. (Ath-Thoyalisi, Ahmad dan Ibnu Abi Syaibah -hasan).
Seburuk-buruk orang yang mencuri adalah orang yang mencuri dalam sholatnya. Mereka berkata, Wahai Rosulullooh, bagaimana ia mencuri dari sholatnya? Rosulullooh s.a.w. bersabda, (yaitu) tidak menyempurnakan ruku'nya dan sujudnya. (Abu Syaibah, Thobroni
dan Hakim disahihkan dan disepakati oleh Adz-Dzahabi).